Rabu, 07 Oktober 2009

Kualifikasi Piala Dunia : Mereka yang terancam



Berita Bola: Jakarta - Belanda, Inggris dan Spanyol sudah duduk santai dengan tiket Piala Dunia 2010 di tangan. Tapi sejumlah negara kuat lainnya justru sedang cemas karena peluang mereka nyaris tertutup.

Empat negara, yakni Portugal, Prancis, Rusia dan Turki tengah berharap-harap cemas menantikan lanjutan kualifikasi pada Sabtu (10/10/2009) ini dan pada Rabu (14/10) mendatang.
Portugal boleh disebut sebagai negara kuat dengan kiprah terburuk sejauh ini. Dengan para pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Ricardo Carvalho, Seleccao nyaris pasti tidak bisa lolos ke Afrika Selatan secara otomatis.

Tergabung di Grup 1, Portugal saat ini terpuruk di posisi tiga dengan 13 angka; lima angka di belakang Denmark dan dua di bawah Swedia. Mengingat lolos otomatis nyaris mustahil, hal terakhir yang harus diselamatkan pasukan Carlos Queiroz adalah tiket fase play-off.

Padahal, pada Sabtu (10/10), Portugal harus berhadapan dengan salah satu pesaingnya menuju play-off, Hongaria. Kemenangan, hanya kemenangan, yang akan menjaga nyala api harapan Portugal.

Yang juga genting adalah Turki yang saat ini terdampar di posisi tiga Grup 5, berselisih empat angka di belakang peringkat dua, Bosnia Herzegovina. Dua negara ini tinggal memperebutkan tiket play-off karena tiket langsung sudah di tangan Spanyol.

Sabtu (10/10), Turki akan menghadapi tuan rumah Belgia. Apa pun hasil di Brussels, peringkat tiga Piala Dunia 2002 itu akan tersisih bila pada bersamaan Bosnia mengatasi Estonia.

Selanjutnya adalah Prancis yang berada di Grup 7. Mengalahkan Kep Faroe di kandang sendiri barangkali bukan masalah sulit, tetapi nasib juara dunia 1998 itu akan tergantung ke partai Serbia vs Rumania.

Terakhir adalah di Grup 4, di mana Rusia akan menghadapi partai hidup mati menghadapi Jerman di Moskow, Sabtu (10/10). Di sini, situasinya lebih simpel karena andai pun Rusia kalah dari Jerman, setidaknya prajurit Guus Hiddink tetap bisa mengamankan tiket fase play-off.

Terbang ke Amerika Selatan, yang nasibnya terancam adalah juara dunia dua kali Argentina. Albiceleste harus mengatasi Peru untuk bisa lolos langsung. Hasil lain akan mempersempit kans lolos.

0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger